Thursday, January 8, 2009

Aduh…!!! Pusing Deh Sama Mertuaku ini…

Kenapa sich??? Punya ibu mertua kayak dia??? Sebel! Benci! Pengen rasanya…

Eeiitt……tunggu! Jangan anda biarkan segala macam sumpah serapah keluar dari bibir anda yang manis. Hubungan mertua dan menantu yang kurang harmonis biasanya lebih sering terjadi antara menantu dan ibu mertua. Sangat disayangkan jika hubungan seperti ini berubah menjadi kerikil dalam keharmonisan hubungan dengan pasangan kita, istri atau suami kita. Demi menjaga keharmonisan dan kelanggengan hubungan dengan pasangan kita, cobalah beberapa tip memperbaiki hubungan mertua dan menantu.

Tip memperbaiki hubungan mertua dan menantu yang kurang harmonis:

Harus kita ingat bagaimanapun juga mertua adalah orang tua pasangan kita. Jika anda berselisih dengan ibu dari pasangan kita, ingatlah! Ibu pasangan kita adalah ibu kita juga. Ada pepatah “Ridho Allah tergantung ridhonya orang tua”. Doa ibu mertua bisa jadi jalan bagi kesuksesan kita. Jangan sampai hati kebencian kita menyakiti hati mertua kita.
Terimalah segala kekurangan mertua. Mertua kita yang memang bukan orang tua kita sudah pasti memiliki kebiasaan sikap dan tingkah laku yang berbeda dengan kita. Kebiasaannya yang terkadang tidak pas menurut kita. Cobalah untuk menerimanya. Namanya juga orang tua, selalu memandang anak adalah anak, hingga terkadang lupa anaknya telah dewasa dan berumah tangga.
Jika sikap dan tingkah laku mertua benar-benar tidak pas menurut kita, cobalah berbicara langsung. Berbicaralah secara baik-baik sebagaimana kita berbicara dengan ibu kita. Terkadang ibu mertua tidak menyadari bahwa anaknya telah berkeluarga. Memiliki keluarga sendiri dengan prinsip dan pondasi berumah tangga yang dibangun berdua dengan pasangannya. Mulailah terbuka dengan mertua, apa yang tidak pas menurut kita dan segeralah ungkapkan perasaanan anda. Jangan hanya anda pendam dalam hati. Perasaan sebel, marah, tidak suka terhadap mertua pada akhirnya dapat menjadi bumerang bagi keharmonisan keluarga anda sendiri. Hubungan anda dengan mertua yang tidak harmonis dapat menjadi kerikil dalam hubungan anda dengan pasangan anda.
Kita juga tidak boleh egois, bahwa kita merasa yang paling benar sendiri. Kita sebagai manusia pasti juga memiliki kekurangan. Pernahkah anda menyadari sikap anda yang kurang simpati terhadap mertua mungkin saja telah menyakiti hati seorang ibu? Ibu pasangan anda yang tidak lain adalah mertua anda? Jika anda telah dapat menerima kekurang mertua, tidak ada salahnya untuk memulai hubungan harmonis dengan mertua dengan cara meminta maaf kepada mertua terlebih dahulu. Memang berat untuk meminta maaf terlebih dahulu apalagi jika kita merasa bahwa ketidakharmonisan dengan mertua dikarenakan sikap dan tingkah laku mertua yang terlalu campur tangan serta kata-kata mertua yang tajam menurut telinga kita. Berbesarhatilah, meminta maaf dan mulailah berbicara dari hati ke hati dengan mertua, niscaya sekeras apapun mertua , hati seorang ibu tetap menginginkan kebahagian anak dan mertuanya.

Semoga hubungan anda dengan mertua anda menjadi lebih harmonis. Dan hubungan anda dengan pasangan anda memperoleh kebahagiaan dunia dan akherat.


No comments:

Post a Comment