Thursday, January 8, 2009

Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Bahagia

Profesi ibu rumah tangga adalah profesi yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Ibu rumah tangga bekerja sedari bangun pagi hingga mata kembali terpejam. Jika memiliki asisten yang membantu atau orang sering menyebutnya pembantu rumah tangga, pekerjaan ibu rumah tangga sedikit terbantu. Bagaimana dengan seorang ibu rumah tangga tanpa adanya seorang asisten? Semua hal dilakukan seorang diri, mulai dari mempersiapkan sarapan, bekal sekolah, yang memiliki anak balita harus memandikan mereka,menyuapi, mengantar sekolah,memasak, menjemput anak sekolah, menyiapkan makan siang, menemani belajar, hingga malam menjelang pekerjaan ibu rumah tangga belum berhenti hingga mata terpejam. Tidak ada yang namanya hari libur.

Tanpa kita disadari terkadang rutinitas sehari-hari yang padat dapat menjadikan seorang ibu rumah tangga mengalami kejenuhan,kebosanan atas rutinitas sehari-hari. Belum lagi persoalan ekonomi yang menambah beban pikiran. Tidak ada lagi senyum dan tawa lepas. Emosi seorang ibu dapat berubah manjadi seorang pemarah dan mudah tersinggung. Kondisi ini tidak baik dalam kehidupan berumah tangga, anak dan suami pada akhirnya juga merasakan dampak dari perubahan ini. Bagaimana agar seorang ibu rumah tangga kembali ceria dan tersenyum bahagia?

TIP MENJADI IBU YANG BAHAGIA:
Bayangkan paling tidak tiga hal apa yang ingin dilakukan oleh anda seorang ibu, kemudian berikan waktu bagi anda untuk melakukan apa yang menjadi keinginan anda. Seperti melakukan hobi anda, hobi yang tidak pernah dilakukan kembali semenjak berumah tangga. Bagi anda seorang bapak, bantulah si ibu untuk dapat meluangkan waktunya melakukan hobinya.
Luangkan waktu untuk memanjakan diri, pergi ke salon, walau sekedar potong rambut dan creambath. Jangan berpikiran membuang-buang uang, sisihkan sedikit uang belanja untuk anda sendiri. Jangan biarkan diri anda terlihat kusam dan lusuh. Kesibukan anda mengurus anak dan memasak di dapur jangan menjadikan anda mengesampingkan penampilan. Pergilah ke salon akan memberikan penampilan yang baru bagi anda. Perawatan yang diberikan salon juga akan merelexkan dan menyegarkan anda. Penampilan anda yang baru dan segar juga dapat menambah daya tarik bagi suami.
Anak tidak hanya tanggung jawab anda sebagai seorang ibu. Tidak ada salahnya membagi tugas pekerjaan rumah tangga dengan suami, seperti memandikan anak dan menjaga anak. Disamping meringankan pekerjaan seorang ibu dengan memandikan dan bermain dengan anak akan mendekatkan hubungan anak dan bapak.
Berlibur , berlibur tidak harus mahal,dapat dilakukan dengan bersantai sejenak ditaman.

Ibu bahagia… anak dan suamipun akan bahagia

No comments:

Post a Comment